'Hari Batik Nasional "

Eka_ 02 Oktober 2017 18:34:22 WIB

          Girimulyo ( SID ), dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional yang jatuh pada tanggal 02 Oktober, maka pemerintah Desa Girimulyo yang bekerjasama dengan ibu – ibu PKK Desa Girimulyo mengadakan kegiatan Ketrampilan Membatik yang dilaksanakan di Balai Desa Girimulyo pada hari Kamis, 28 September Lalu.

Dalam acara ini, semua lapisan masyarakat Desa antusias untuk mengikuti kegiatan pelatihan. Pelatih / Narasumber yang dihadirkan adalah Ibu Puji Lestari yang merupakan salah seorang pengajar ekstra kulikuler  ketrampilan membatik di salah satu sekolah menengah di Kecamatan Panggang.

Dalam kesempatan tersebut, ibu Puji menjelasken terlebih dahulu step by step dalam pembuatan Batik tulis, langkah – langkah yang harus dilakukan adalah :

  1. Menyiapkan alat dan bahan, diantaranya adalah kain polos, malam, wajan kecil untuk membatik, kompor kecil ( kompor minyak ), pensil untuk membuat pola, dan canting tentunya.
  2. Membuat Pola/ Menggambar pola batik diatas kertas menggunakan pensil.
  3. Menjiplak pola tersebut ke dalam kain yang akan di batik.
  4. Sambil menggambar pola, usahakan kompor dan wajan juga disiapkan untuk melelehkan malam.
  5. Setelah selesai menggambar pola, maka proses selanjutnya adalah mulai membatik dengan malam.
  6. Kain yang sudah digambari pola, di bentangkan seperti saat menjemur, kemudian ambil malam dalam wajan menggunakan canting sambil ditiup – tiup pelan.
  7. Arahkan canting mengikuti pola gambar, agar sesuai.
  8. Setelah selesai menggambar, jemur dahulu agar kering sebelum proses pewarnaan.
  9. Setelah kering, siapkan air yang sudah di beri pewarna kain.
  10. Tunggu sampai air tersebut mendidih, baru kain dapat dimasukkan kedalamya.

 

“ Kegiatan ini sangat menarik, perlu ketelitian, kesabaran dan perjuangan karena yang dipakai untuk melukis itu sangat panas, harus hati – hati juga, “ tutur Sekar Fatimah (25) salah satu peserta pelatihan. Diharapkan setelah kegiatan ini, para warga terutama kaum muda, tidak memandang sebelah mata tentang Batik dan mulai mencintai produk dalam negri.

Akhirnya, Kami Pemerintah Desa Girimulyo mengucapkan

“ Selamat Hari Batik Nasional,...” jaga dan cintai selalu produk – produk dalam negeri kita sendiri, karena kalau bukan kita .....Siapa Lagi....??

Komentar atas 'Hari Batik Nasional "

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Peta Desa