Pelatihan Kerajinan Bambu

Eka_ 21 September 2019 11:57:15 WIB

Girimulyo SIDA_ Pelatihan Kerajinan Bambu Desa Girimulyo dilaksanakan pada hari ini sabtu, 21 September 2019 bertempat di Balai Desa Girimulyo. Dengan narasumber Bapak Paidi yang merupakan seorang pengrajin bambu dan diikuti oleh warga desa Girimulyo. Acara ini akan dilaksanakan selama dua hari yakni hari ini dan besok. Kegiatan ini dilaksanakan untuk menghadapi pembangunan JJLS yang diharapkan juga akan meningkatkan kegiatan ekonomi di jalan yang dilewatinya. Salah satu tujuan pemerintah Desa Girimulyo melatih peserta adalah agar warga mampu memanfaatkan keterampilan ini untuk berwirausaha dan dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga.  Untuk hari ini memang lebih banyak ke Teori dan sedikit praktek sebagai dasar, sedangkan besok akan difokuskan ke Praktek. Materi yang disampaikan adalah jenis bambu yang biasanya digunakan untuk kerajinan :

  1. Bambu Petung
  2. Bambu Wulung
  3. Bambu ampel
  4. Bambu Ory
  5. Bambu Apus
  6. Bambu Wuluh

Bambu tersebut ditebang dengan alat sabit, bendo dan pethel tidak menggunakan gergaji. " Setelah ditebang jangan dipotong dulu rantingnya agar agak kering , setelah dipangkas rantingnya disandarkan dengan posisi terbalik agar kadar air yang ada di dalam bambu bisa kering " terang pak Paidi. Cara Pengawetan Bahan Baku Bambu :

  1. Pengawetan secara alami dengan cara dijemur, digantung, direndam.
  2. Pengawetan secara kimia dengan cara direbus menggunakan cairan kimia dengan resep Air 5 liter , Soda Api 0,1 ons, Air Kaca 0,5 ons, H2O2 Pehidrol 1liter.

Macam - macam Anyaman :

  1. Mata Kerbau / anyaman melingkar
  2. Moto ero / anyaman keranjang
  3. Anyaman Wareg
  4. Anyaman Tlogo ngembleng
  5. Anyaman Menyan Kobar
  6. Anyaman Tabag
  7. anyaman bermotif.

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Peta Desa