Ayo Makan Ikan .....!!

Eka_ 21 November 2019 10:09:50 WIB

Girimulyo ( SIDA ), Praktek pembuatan Nuget Ikan dalam rangka Gerakan Nasional Gemar Makan Ikan Cegah Stunting dilaksanakan di KB Marsudi Siwi Girimulyo pada Kamis ( 21/11 ).   Kegiatan yang diikuti oleh Tenaga Pendidik , murid dan wali murid KB Marsudi Siwi. Tujuan diadakannya praktek ini adalah agar anak – anak membiasakan diri gemar makan ikan untuk menambah gizi dalam proses pertumbuhannya. Mengingat saat ini Pemerintah Sedang gencar melakukan kampanye pencegahan Stunting.

Stunting adalah kondisi gagal tumbuh akibat kekurangan gizi kronis dan stimulasi psikososial serta paparan infeksi berulang terutama dalam 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK), yaitu dari janin hingga anak berusia dua tahun. Stunting yang terjadi pada 1.000 HPK tidak hanya menyebabkan hambatan pertumbuhan fisik dan meningkatkan kerentanan terhadap penyakit, tetapi juga mengancam perkembangan kognitif yang berpengaruh pada tingkat kecerdasan dan produktivitas anak di masa dewasanya.

 Selain untuk pencegahan stunting, kegiatan gemar makan ikan mempunyai banyak manfaat, antara lain :

1. Membantu pertumbuhan, terutama pertumbuhan otak dan tulang anak

2.   Mencegah penyakit jantung

3.   Mengurangi risiko penyakit Alzheimer

4.   Mengurangi risiko depresi

5.   Melindungi mata dari penurunan fungsi karena penuaan. Penelitian menunjukkan rutin konsumsi ikan berhubungan dengan penurunan degenerasi makula pada wanita.

6.   Mencegah penyakit asma pada anak. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa anak yang mengonsumsi ikan lebih kecil berisiko terkena asma.

7.   Menurunkan risiko diabetes tipe 1. Beberapa penelitian menunjukkan konsumsi ikan yang mengandung omega 3 berhubungan dengan penurunan risiko diabetes tipe 1 pada anak dan dewasa.






Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Peta Desa