Pembinaan Pola Asuh dan Tumbuh Kembang Anak

Eka_ 12 Februari 2020 13:43:38 WIB

Girimulyo SIDA_ Pembinaan Pola Asuh dan Tumbuh Kembang anak dilaksanakan pada Rabu ( 12/02/2020 ) di balai Desa Girimulyo. Acara ini diikuti oleh 100 peserta dengan narasumber Ibu Parmi Sugiyati ( Puskesmas Panggang II ) dan Bapak Joko Indarto ( Pendamping Desa ). Acara ini merupakan salah satu upaya pencanangan pencegahan Stunting.

Ibu Parmi sugiyati menyampaikan beberapa hal terkait dengan Pola asuh anak, antara lain :

  • Pola asuh anak, menjadi sesuatu yang menarik untuk kita bahas.
  • beberapa point dalam mengasuh anak adalah anak itu terlahir istimewa, dengan kelebihan dan kekurangan masing – masing, jangan sampai kita membanding – bandingkan dengan anak lain.
  • selalu luangkan waktu untuk bisa sekedar ngobrol dengan anak. Mendengarkan ceritanya disekolah, keluhan atau sekedar menjawab pertanyaan- pertanyaan sederhananya.
  • Jangan pernah memotong pembicaraan / pertanyaan anak apalagi menyuruhnya diam saat banyak hal ditanyakan, karena anak memang masanya ingin tahu.
  • Jangan bertindak otoriter kepada anak, dengan mengekang dan menekan anak harus mengikuti semua kemauan orangtua, biarkan anak memutuskan sesuatu yang diinginkannya sendiri, agar nanti saat dewasa, anak menjadi mandiri dan tidak selalu ketergantungan dengan orangtua.
  • Selalu mengajarkan disiplin dan hidup yang teratur sesuai dengan kemampuan anak.
  • Jangan samaratakan ( pukul rata ) perkembangan anak dengan teman sebayanya, karena semua anak terlahir dengan keistimewaan berbeda – beda.
  • Bebaskan anak berekspresi namun masih dalam batas koridor.
  • Tetap waspada dengan pengaruh gadget, karena sangat cepat membawa pengaruh baik/ buruk.
  • Jangan terlalu mengejar karir sehingga lupa dengan kewajiban mengurus anak meskipun dengan bantuan pihak ketiga.

Sedangkan pak Joko Indarto menyampaikan " sesuai dengan regulasi aturan saat ini, setiap desa harus ada Kader Pembangunan Manusia ( KPM ), hal ini juga masih berhubungan dengan gencarnya pencegahan stunting ". salah satu tugas dari KPM adalah mengurusi tentang kesehatan ibu hamil, balita sampai dengan kegiatan - kegiatan bidang kesehatan lainnya.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Peta Desa