SUKSESKAN SENSUS PENDUDUK 2020

Eka_ 25 Februari 2020 13:18:49 WIB

Girimulyo SIDA_ Rapat Koordinasi Kecamatan tentang Sensus Penduduk 2020 dilaksanakan pada Selasa ( 25/02/2020 ) bertempat di Ruang Rapat Kecamatan Panggang. Acara ini dihadiri oleh Drs. Winarno,M.Si ( camat Panggang ), beserta Kasi Tapem Kecamatan Panggang, Kepala Desa dan Operator SID se Kecamatan Panggang dengan Narasumber dari Badan Pusat Statistik  Kabupaten Gunungkidul bapak Supriyadi dan Bpak Supardo. Acara ini dilakukan untuk mensosialisasikan Sensus Penduduk 2020. 

Apa itu Sensus Penduduk ??? Sensus Penduduk adalah pendataan penduduk secara menyeluruh yang dilaksanakan setiap 10 tahun sekali , tahun ini dilaksanakan menggunakan 2 cara yaitu :

  1. Sensus Penduduk Online yang di laksanakan pada tanggal 15 Februari – 31 Maret 2020.
  2. Sensus Penduduk Wawancara ( door to door ) dilaksanakan pada bulan Juli mendatang.

Apa sih Manfaat Sensus Penduduk ?? Sensus penduduk perlu dilakukan agar pemerintah memiliki data kependudukan yang up to date (sesuai perkembangan zaman), sehingga pemerintah dapat:

mengetahui perkembangan jumlah penduduk, mengetahui tingkat pertumbuhan penduduk, mengetahui persebaran dan kepadatan penduduk, mengetahui komposisi penduduk (berdasarkan jenis kelamin, tingkat pendidikan, umur, mata pencaharian, dan sebagainya),

mengetahui arus migrasi, serta merencanakan pembangunan sarana dan prasarana sosial sesuai dengan kondisi kependudukan daerah.

 

Peran serta Pemerintah Desa terkait Sensus Penduduk :

  1. Menyebarluaskan informasi mengenai SP2020 di berbagai kesempatan dan media, diantaranya seperti forum masyarakat termasuk Whatsapp.
  2. Mengajak Masyarakat untuk melakukan sensus penduduk Online
  3. Mengajak masyarakat yang tidak melakukan Sensus Penduduk Online untuk  menerima dan menanggapi kedatangan petugas saat sensus penduduk 2020 dibulan Juli.
  4. Membantu mengatasi kendala yang ada atau dihadapi petugas saat dilapangan.

 ‘’MARI KITA SUKSESKAN SENSUS PENDUDUK 2020, MENUJU SATU DATA KEPENDUDUKAN DI INDONESIA “

Sensus Penduduk Online dengan mengakses sensus.bps.go.id

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Peta Desa