Pelatihan Operator SIKS NG oleh Dinas Sosial

Eka_ 23 April 2024 09:18:06 WIB

Girimulyo SIDA_  Pelatihan Operatos SIKS NG se Kabupaten Gunungkidul dilakukan pada hari Senin ( 22/04/2024) bertempat di RR Welas Asih Dinas Sosial PPPA Gunungkidul. acara ini diikuti oleh operatos SIKS NG dari 144 Kalurahan yang dibagi dalam 2 batch, senin dan selasa. 

Narasumber dalam acara ini adalah bapak Giyanto ( Kepala Bidang Penanganan Fakir Miskin Dinas Sosial PPPA Kab.Gunungkidul ), bapak Sumidi dan bapak Ahmad Sofwan ( BPJS Kesehatan D.I.Yogyakarta ).  Bapak Giyanto menyampaikan beberapa hal diantaranya : 

  1. ada beberapa perubahan waktu dalam menu akses ke aplikasi SIKS NG, untuk lebih mengoptimalkan operator dalam menmverval ataupun mengusulkan bansos
  2. selain musyawarak Kalurahan, SKTM juga dapat menjadi lampiran pengusulan bansos bagi yang memenuhi kriteria
  3. pengurusan BPJS bisa kami layani di dinas sosial dan sehari langsung jadi bagi yang dalam keadaan darurat ( sudah opname )
  4. tetapi untuk pengurusan BPJS yang baru dan tidak darurat, tetap mengurus di mall pelayanan publik dengan rekomendasi setda biasanya 3 bulan baru jadi

selanjutnya narasumber dari BPJS Kesehatan menyampaikan beberapa hal, diantaranya :

  1. peserta Jaminan Kesehatan ada 2 kriteria yaitu Peserta Bantuan Iuran ( PBI ) dan Non PBI ( PPU dll ) 
  2. Universal Health Coverage (UHC) merupakan sistem penjaminan kesehatan yang memastikan setiap warga dalam populasi memiliki akses yang adil terhadap pelayanan kesehatan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif, bermutu dengan biaya terjangkau.
  3. Dalam rangka mewujudkan UHC, Pemerintah Indonesia telah menyelenggarakan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN/KIS) sejak 1 Januari 2014. Program ini diselenggarakan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan sesuai dengan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN). Program JKN/KIS bertujuan untuk memberikan akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan dan memberikan perlindungan finansial.
  4.  
Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Peta Desa