Keripik singkong ( menggleng ) & intip gurih ibu Sudarni

06 Februari 2016 20:48:08 WIB

 

Keripik singkong atau lebih popular dengan nama Menggleng ini memang sudah lama menjadi primadona untuk masyarakat pedesaan. Rasanya yang gurih, dan bahan baku yang sangat mudah didapat di daerah kami ini menjadi salah satu icon yang semakin meyakinkan warga asing akan julukan sebagai “Kota Gaplek”.

Menggleng diolah dengan cara yang sederhana dan tidak memerlukan alat, dan bahan yang rumit atau susah didapat. Sebagian besar warga desa kami mungkin sudah sedikit meninggalkan cemilan ini, mereka lebih memilih “roti” atau “gorengan” sebagai cemilan sehari- hari, namun tidak halnya dengan ibu SUdarni. Ibu yang juga sebagai Tokoh Wanita  di desa kami ini, memang  mempunyai banyak kesibukan, namun disela – sela banyak aktifitasnya ini masih dapat meluangkan waktu untuk memproduksi penganan gurih ini. Di bantu oleh keluarga tercintanya, ibu dua orang anak ini memulai usaha “Menggleng & intip Gurih” ini.

Cara membuat menggleng gurih ini adalah , pertama – tama singkong direbus kemudian direndam dengan air yang diberi campuran garam dan bawang putih yang sudah di uleg. Setelah direndam dengan air garam tadi, singkong diiris tipis – tipis. Setelah itu, irisan singkong tadi dijemur dibawah sinar matahari sampai benar – benar kering. Setelah dijemur hingga kering, singkong tersebut dikemas dengan plastic.

Sedangkan cara membuat intip gurih adalah, beras di cuci bersih seperti akan menanak nasi, setelah itu dimasukkan kedalam panci  khusus agar nasi tersebut dapat matang merata dan mengeras dalam panci tapi tidak gosong.

Kedua makanan kecil diatas adalah sebagian kecil dari sekian banyaknya makanan kecil khas Gunungkidul yang sayang untuk tidak dicoba.

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Peta Desa